Prikkitioe's Blog











{Desember 21, 2009}   Apollo (wahana antariksa)

Apollo (wahana antariksa)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Langsung ke: navigasi, cari

Bagian-bagian wahana antariksa Apollo.

Wahana antariksa Apollo dirancang sebagai bagian dari Program Apollo oleh Amerika Serikat pada awal dasawarsa 1960-an untuk mendaratkan manusia di bulan sebelum 1970 dan memulangkan mereka kembali ke bumi dengan selamat. Target ini ditetapkan oleh Presiden Kennedy setelah penerbangan pertama Program Mercury. Wahana antariksa Apollo terdiri dari berbagai unit atau tingkat (stage) yang bekerja sama menjalankan misi pendaratan bulan dan kembali dengan selamat ke bumi. Komponen utama dari wahana ini berturut-turut dari bagian atas ke bawah adalah sistem penyelamatan peluncuran (launch escape system), modul komando (command module), modul layanan (service module), modul bulan (lunar module), dan penyesuai modul bulan (lunar module adapter).

Seluruh unit ini akan diletakkan di atas kendaraan peluncuran. Kendaraan peluncuran untuk Apollo adalah Little Joe II, Saturn I, Saturn IB, dan Saturn V.

Cara kerjanya kurang lebih adalah suatu roket akan meluncurkan wahana ke bulan dan wahana ini akan terbang menuju bulan dan mengorbit mengelilinginya. Bagian dari wahana ini selanjutnya akan kembali ke bumi.

Icon-gears.png Artikel bertopik teknologi ini adalah sebuah rintisan. Anda dapat membantu Wikipedia dengan mengembangkannya.

Diperoleh dari “http://id.wikipedia.org/wiki/Apollo_(wahana_antariksa)


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

et cetera
%d blogger menyukai ini: